Pages

Pages - Menu

Minggu, 15 Maret 2015

RINGKASAN BUKU PSIKOLINGUISTIK ABDUL CHAER

Psikolinguistik


PSIKOLINGUISTIK
Karangan : Abdul Chaer





Di Susun Oleh
MUH. HARJUM NURDIN
1351040007

Jurusan               :  Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi  :   Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia






FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
2015



DAFTAR ISI


Daftar Isi

Bab     I                    Pendahuluan
Bab     II                  Sejarah Perkembangan psikolinguistik
Bab     III                 Bahasa dan Berbahasa
Bab     IV                Hubungan Berbahasa, Berpikir, dan Berbudaya
Bab     V                  Teori-teori  Linguistik
Bab     VI                 Teori Pembelajaran dalam Psikologi
Bab     VII               Aspek Neurologi Bahasa
Bab     VIII              Gangguan Berbahasa
Bab     IX                 Pemerolehan Bahasa: Beberapa Hipotesis
Bab     X                  Pemerolehan Sintaksis
Bab     XI                 Pemerolehan Semantik
Bab     XII               Pemerolehan Fonologi
Bab     XIII              Perkembangan Bahasa Anak
Bab     XIV              Pembelajaran Bahasa
Bab     XV               Aspek Makna Ujaran











BAB I
PENDAHULUAN
A. Psikologi
Secara etimologi kata psikologi berasal dari bahasa yunani kuno psyche dan logos.kata psyche yang berarti “jiwa,roh,atau sukma”,sedangkan kata logos berarti “ilmu”,jadi, psikologi secara harfiah berarti “ilmu jiwa”atau ilmu yang objek kajiannya adalah jiwa.

B. Linguistik
Secara umum linguistik lazim diartikan sebagai ilmu bahasa atau ilmu yang mengambil bahasa sebagai objek kajiannya.pakar linguistik disebut linguis.namun,perlu dicatat kata linguis dalam bahasa inggris juga berarti“orang yang mahir menggunakan beberapa bahasa”,selain bermakna “pakar linguistik”,seorang linguis mempelajari bahasa bukan dengan tujuan utama untuk mahair menggunakan bahasa itu,melainkan untuk mengetahui secara mendalam mengenai kaidah-kaidah struktur bahasa,beserta dengan berbagai aspek dan segi yang menyangkut bahasa itu.

C. Psikolinguistik
Secara etimilogi sudah di singgung bahwa kata psikolinguistik terbentuk dari kata psikologi dan kata linguistik,yakni dua bidang ilmu yang berbeda,yang masing-masing berdiri sendiri ,dengan prosedur dan metode yang berlainan.namun,keduanya sama-sama menelti bahasa sebagai objek formalnya

D. Sub disiplin psikolinguistik
Psikolinguistik telah berkembang pesat sehingga melahirkan beberapa subdisiplin psikolinguistik,diantaranya Sbb:
1.      Psikolinguistik teoritis
2.      Psikolinguistik perkembanagan
3.      Psikolinguistik sosial
4.      Psikolinguistik pendidikan
5.      Psikolinguistik-neurologi (neuropsikolinguistik)
6.      Psikolinguistik eksperimen
7.      Psikolinguistik terapan dll.

E. Induk Disiplin Psikolinguistik
Psikolinguistik merupakan gabungan dari psikologi dan linguistik,maka muncul pertanyaan :apa induk disiplin psikolinguistik itu,linguistik atau psikologi.beberapa pakar berpendapat,psikolinguistik berinduk pada psikologi karena istilah itu merupakan nama baru dari psikologi bahasa (psychology of language) yang telah di kenal beberapa waktu sebelomnya

F. Pokok bahasan psikolinguistik
Didalam kurikulum pendidikan bahasa pada lembaga pendidikan tenaga kependidikan mata kuliah psikolinguistik di masukkan dalam kelompok mata kuliah “proses belajar mengajar”,dan bukan pada kelompok mata kuliah psikolinguistik/kebahasaan.

BAB II
SEJARAH BERKEMBANGNYA
PSIKOLINGUISTIK

Pada abad awal yang silam terdapat dua aliran filsafat yang saling bertentangan dan yang sangat mempengaruhi perkembangan linguistik dan psikologi.yang pertama adalah aliran emperisme yang erat kaitannya dengan psikologi asosiasi. Aliran empirisme malakukan kajian terhadap data empiris atau objek yang dapat diobservasi dengan cara menganalisis unsur-unsur pembentukannya sampai yang sekecil-kecilnya. Oleh karena itu, aliran ini disebut bersifat atomestik, dan lazim dikaitkan dengan asosianisme dan positivisme.
1.      Psikologi dan linguistik
Dalam sejarah kajian linguistik, ada sejumlah pakar linguistik yang menaruh perhatian, diantaranya:
Von Humboldt (1767-1835), pakar linguistik berkebangsaan jerman, telah mencoba mengkaji hubungan antara bahasa (linguistik) dengan pemikiran manusia (psikologi).
Edward Safir (1884-1939), pakar linguistik dan antropologi bangsa Amerika, telah mengikutsertakan psikologi dalam pengkajian bahasa. Menurutnya psikologi dapat memberikan dasar ilmiah yang kuat dalam pengkajian bahasa.



2.      Linguistik dalam psikologi
Dalam sejarah perkembangan psikologi ada sejumlah pakar psikologi yang menaruh perhatian pada linguistik. Diantaranya:
Jhon Dewey (1859-1952), pakar psikologi berkebangsaan Amerika seorang empirisme murni. Beliau telah mengkaji bahasa dan perkembangannya dengan cara menafsirkan analisis linguistik bahasa kanak-kanak berdasarkan prinsip-prinsip psikologi.
Wundt (1832-1920), ahli psikologi berkebangsaan Jerman, orang pertama yang mengembangkan secara sistematis teori mentalistik bahasa. Beliau menyatakan bahwa bahasa adalah alat untuk melahirkan pikiran.

3.      Kerja sama psikologi dan linguistik
Kerja sama secara langsung antara disiplin linguistik dan psikologi sebenarnya dimulai sejak 1860, yaitu oleh Heyman Steinthal, seorang ahli psikologi yang beralih menjadi ahli linguistik, dan Moritz Lazarus seorang ahli linguistik  yang beralih menjadi ahli psikologi dengan menertbitkan sebuah jurnal yang khusus membicarakan masalah psikologi bahasa dari sudut linguistik  dan psikologi.

4.      Psikolinguistik sebagai disiplin mandiri
Secara formal kelahiran psikolinguistik ditandai dengan dibukanya satu program khusus psikolinguistik pada tahun 1953 oleh R. Brown. Sarjana pertama (Ph.D.) yang dihasilkan oleh program ini adalah Eric Lenneberg, yang kemudian sangat besar peranannya dalam bidang psikolinguistik.

5.      Tiga generasi dalam psikolinguistik.
a.       psikolinguistik generasi pertama
              adalah psikolinguistik dengan para pakar yang menulis artikel dalam kumpulan karangan berjudul Psycholinguistics.
b.      Psikolinguistik generasi kedua
     Menurut Mehler dan Noizet, psikolinguistik generasi kedua telah dpat mengatasi ciri-ciri otomistik dari psikolinguistik Osgood-Sebeok. Psikolinguistik generasi kedua berpendapat bahwa dalam proses berbahasa bukanlah butir-butir bahasa yang diperoleh, melainkan kaidah dan sistem kaidahlah yang diperoleh.
c.       psikolinguistik generasi ketiga
     ada tiga ciri utama psikolinduistik dalam generasi ketiga, yakni
pertama orientasi mereka kepada psiklogi, tetapi bukan psikologi perilaku.
Kedua keterlepasan mereka dari kerangka “psikolinguistik kalimat” dan keterlibatan dalam psikolinguistik yang berdasarkan situasi dan konteks.
Ketiga adanya satu pergeseran dari analisis mengenai proses ujaran yang abstrak (persepsimya) ke satu analisis psikologis mengenai komunikasi dan perpikiran.




BAB III
BAHASA DAN BERBAHASA

1.    Hakikat bahasa
              Para pakar linguistik deskriptif biasanya mendefinisikan bahasa sebagai “satu sistem lambang bunyi yang bersifat arbitrer,” yang kemudian lazim ditambah dengan “yang digunakan oleh sekelompok anggota masyarakat untuk berinteraksi dan mengidentifikasi diri.” (Chaer, 2994)

2.    Asal usul bahasa
              Menurut pendapat F. B. Condillac seorang filsuf bangsa prancis berpendapat bahwa bahasa itu berasal dari teriakkan-teriakan dan gerak-gerik badan yang bersifat naluri yang dibangkitkan oleh perasaan atau emosi yang kuat
              Menurut pendapat Von schlegel, seorang ahli filsafat bangsa jerman, berpendapat bahwa bahasa-bahasa yang ada di dunia ini tidak mungkin bersumber satu bahasa. asal-usul bahasa itu sangat berlainan tergantungan pada faktor-faktor yang mengatur tumbuhnya bahasa itu. Ada bahasa yang lahir dari onomatope, ada yang lahir dari kesadaran manusia dan sebagainya.

3.    Fungsi-fungsi bahasa
                   Ada lima fungsi bahasa menurut Kinneavy disebut fungsi ekspresi, fungsi informasi,fungsi eksplorasi, fungsi persuasi, dan fungsi entertainment.(Michel, 1967:51.)
4.    Struktur bahasa
a.       Tata bahasa
Menurut teori linguistik generatif-transformasi setiap tata bahasa suatu bahasa terdiri dari tiga buah komponen fonologi, komponen sintaksis, dan komponen semantik.
b.      Struktur dalam  dan struktur luar
        Menurut linguistik generatif-transformasi setaip kalimat yang kita lahirkan mempunyai dua struktut yaitu struktur dalam dan stuktur luar.
Struktur dalam adalah struktur kalimat itu secara abstrak yang berada didalam otak penutur sebelum kalimat itu diucapkan.
        Struktur luar adalah struktur kalimat itu ketika diucapkan yang dapat kita dengar. Jadi bersifat kongkrit.
c.       Komponen tata bahasa
1.      Komponen sintaksis
Menurut teori ini sintaksis merupakan komponen komponen sentral dalam pembentukan kalimat, disamping komponen semantik dan komponen fonologi.
2.      Komponen semantik
Teori linguistik generatif transformasi standar mengakui bahwa makna suatu kalimat sangat tergantung pada beberapa faktor yang saling berkaitan dengan lainnya. Antara lain (a) makna leksikal kata yang membentuk kalimat, (b) urutan kata dalam organisasi kalimat, (c) intonasi, cara kalimat diucapkan atau dituliskan, (d) konteks situasi tempat kalimat itu diucapkan, (e) kalimat sebelum dan sesudah yang menyertai kalimat itu, dan (f) faktor-faktor lain.
3.      Komponen fonologi
Komponen fonologi adalah sistem bunyi suatu bahasa. Komponen fonolgi ini, sebagai komponen ketiga dalam tata bahasa generatif transformasi memiliki rumus-rumus fonologi yang bertugas mengubah struktur-luar sintaksis menjadi representasi fonetik yaitu bunyi-bunyi bahasa yang kita dengar di ucapkan oleh seorang penutur




BAB IV
HUBUNGAN BERBAHASA,BERFIKIR,DAN BERBUDAYA

1. Teori wilhelm Von Humboldt
       Wilhelm von humboldt,sarjana jerman abad ke-19,menekankan adanya ketergantungan pemikiran manusia pada bahasa.maksudnya ,pandangan hidup dan budaya suatu masyarakat di tentukan oleh bahasa dan masyarakat itu sendiri

2. Teori sapir Whorf
       Mengatakan bahwa manusia hidup didunia ini di bawah “belas kasih”bahasanya yang telah menjadi alat pengantar dalam kehidupannya bermasyarakat.

3. Teori Jean Peaget
       Berbeda dengan pendapat sapir dan whorf, piaget, sarjana perancis, berpendapat justru pikiranlah yang membentuk bahasa.tanpa pikiran bahasa tidak akan ada.pikiran yang menentukan aspek-aspek sintaksis dan leksikon bahasa ,bukan sebaliknya

4. Teori L.S. Vygotsky
Vygotsky sarjana bangsa rusia,berpendapat adanya satu tahap perkembanagan bahasa sebelom adanya fikiran.dan adanya satu tahap perkembangan pikiran sebelom adanya bahasa.

5. Teori Noam Chomsky
Mengenai hubungan bahasa dan pemikiran noam chomsky mengajukan kembali teori klsik yang disebut hipotesisi nurani (chomsky,1957,1965,1968)

6. Teori Eric Lenneberg
Berkenan dengan masalah hubungan bahasa dan pemikiran,eric lennerberg mengajukan teori yang di sebut teori kemampuan bahasa khusu (lennerberg,1964).

7. Teori brune
Berkenaan dengan masalah hubungan bahasa dan pemikiran,bruner memperkenalkan teori yang di sebut teori instrumentalisme,menurut teori ini bahasa adalah alat pada manusia untuk mengembangkan dan menyempurnakan pemikiran itu

8. Kekontroversialan Hipotesis Sapir-Whorf
          Teori-teori atau hipotesis-hipotesis yang dibicarakan di atas tampak cendrung saling bertentangan.
          Di antara teori atau hipotesis diatas, barang kali hipotesis Safir-Whorf lah yang paling kontroversial. Hipotesis ini yang menyatakan bahwa jalan pikiran dan kebudayaan suatu masyrakat di tentukan atau dipengaruhi oleh struktur bahasanya, banyak menimbilkan kritik dan reaksi hebat dari para ahli filsafat, linguistik, psikologi, psikolinguistik, antropologi, dan lain-lain. Carroll (1963:11. 9).
          Untuk menguji hipotesis Sapir-Whorf itu, Farb (1974) mengadakan peneltian terhadap sejumlah wanita Jepang yang menikah dengan orang Amerika dan tinggal di Fransisco, Amerika. Dari penelititan itu, Farb menarik kesimpulan bahwa bahasa bukan menyebabkan perbedaan-perbedaan kebudayaan, tetapi hanya mencermikan kebudayaan tersebut. Bahasa jepang menceminkan kebudayaan Jepang, dan bahasa Inggris mencerminkan kebudyaan Inggris.
          Mengenai hubungan bahasa dan kebudayaan, dalam teori-teori diatas kiranya memang tampak kurang dibicarakan. Hal ini karena adanya pendapat umum di anatara (Kuntjaraningrat, 1974, Masinambou, 1985).
          Suatu permasalaha lagi dari persoalan hubungan bahasa, pemikiran, dan kebudayaan ini adalah apa bedanya kebudayaan dengan pemikiran atau pemandangan hidup (Weltanschaung). Bukankah kebudayaan itu sama dengan pandangan hidup? Masalah ini sukar dijawab; para sarjanapun berbeda pendapat mengenai hal ini. Namun, satu hal yang tidak dapat disanggah oleh siapapun, bahwa kebudayaan adalah milik suatu masyarakat, sedangkan pemikiran adalah milik perseorangan. Anggota-anggota masyarakat yang memiliki kebudayaan yang sama sering memiliki pemikiran atau pandangan.






BAB V
TEORI-TEORI LINGUISTIK

       Ada empat teori atau aliran linguistik yang sedikit banyak punya kaitan dengan masalah psikologi, baik kognitif maupun behavioristik, dengan para tokohnya agar kita mempunyai gambaran yang lebih menyeluruh dan komprehensif, dan bisa memahami masalah psikolinguistik dengan lebih baik.
1.    Teori Ferdinand De Saussure
     Ferdinand De Saussure (1858-1913) adalah seorang linguis Swiss yang sering disebut-sebut sebagai bapak atau pelopor Linguistik Modern karena pandangan-pandangannya yang baru mengenai studi bahasa.
     De Saussure menjelaskan bahwa perilaku bertutur atau tindak tutur sebagai satu rangkaian hubungan antara dua orang tau lebih, seperti antara A dan B. Perilaku ini terdiri dari dua kegiatan yaitu bagian luar dan bagian dalam. Bagian luar dibatasi oleh mulut dan telinga sedangkan bagian dalam oleh jiwa atau akal yang terdapat dalam otak pembicara dan pendengar.
     Menurut De Saussure linguistik murni mengkaji langue, bukan parole maupun langage. Teori linguistik De Saussure tidak mengikutsertakan parole. Alasan De Saussure mengkaji langue adalah sebagai berikut.
1.      Langue bersifat sosial sedangkan parole bersifat individual. Kedua sifat ini saling bertentangan. Langue berada di dalam otak. Belajar langue bersifat sosial dalam pengertian sinkronik, sedangkan parole bersifat idiosinkronik karena ditentukan secara perseorangan.
2.      Langue itu bersifat abstrak dan tersembunyi di dalam otak sedangkan parole selalu bergantung pada kemauan penutur dan bersifat intelektual.
3.      Langue adalah pasif sedangkan parole adalah aktif.
Jadi, menurut De Saussure linguistik haruslah mengkaji langue karena adalah fakta sosial sedangkan parole merupakan perlakuan individual, dan hanya merupakan embrio dari langage.
Tanda linguistik seperti yang disebutkan dalam definisi di atas mempersatukan sebuah konsep dengan sebuah imaji bunyi. Jadi, bukan mempersatukan nama dengan benda seperti nama pohon dengan sebuah pohon sebagai bendanya.
2.    Teori Leonard Bloomfield
       Leonard Bloomfield (1887-1949) seorang tokoh lingbuistik Amerika, sebelum mengikuti aliran behaviorisme dari Watson dan Swiss, adalah penganut paham mentalisme yang sejalan dengan teori psikologi Wundt. Kemudian beliau menentang mentalisme dan mengikuti aliran perilaku atau behaviorisme.
       Menurut Bloomfield bahasa itu terdiri  dari sejumlah isyarat atau tanda berupa unsur-unsur vokal (bunyi) yang dinamakan bentuk-bentuk linguistik. Setiap bentuk adalah sebuah kesatuan isyarat yang dibentuk oleh fonem-fonem (bloomfield, 1933;158).
       Fonem adalah satuan bunyi terkecil dan distingtif dalam leksikon suatu bahasa seperti bunyi [u] pada kata bahasa indonesia [bakul] karena kedua kata itu [bakul] dan [bakal]. Di sini kita lihat berbedanya bunyi [u] dari bunyi [a].
       Frase adalah unit yang tidak minimum yang terdiri dari dua bentuk bebas atau lebih. Umpanya dalam kalimat “adik saya sudah mandi” terdapat dua frase yaitu frase “adik saya” dan frase “sudah mandi”
       Kata adalah bentuk bebas yang minimum yang terdiri dari satu bentuk bebas dan ditambah bentuk-bentuk yang tidak bebas. Misalnya, pukul, pemukul  dan pukulanadalah kata, sedangkan pe-, dan  -an bukan kata; tetapi semuanya adalah morfem.
       Kalimat adalah ujaran yang tidak merupakan bagian dari ujaran lain dan merupakan satu ujaran yang maksimum.
       Bloofield dalam analisisnya berusaha memenggal-menggal bagian-bagian bahasa itu, serta menjelaskan hakiakt hubungan di antara bagian-bagian itu.

3.    Teori John Rupert Firth
        John Rupert Firth (1890-1960) adalah seorang linguis inggris yang pada tahu 1944 mendirikan linguistik deskriptif di London. Menurut Firth dalam kajian linguistik yang paling penting adalah konteks. Tiap-tiap konteks mempunyai peranan sebagai lingkungan untuk unsur-unsur
Tiap tingkat bahasa itu.
       Sebagai linguis Firth dikenal juga sebagai tokoh analisi prosodi atau fonologi prosodi. Menurutnya analisi prosodi dapat digunakan untuk menganalisis bahasa dan membuat pernyataan-pernyataan yang sistematis dari analisis ini yang didasarkan pada penelitian yang mendalam terhadap data bahasa serta menggunakan istilah-istilah dan kategori-kategori yang sesuai.
       Secara singkat bisa disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan prosodi menurut teori Firth adalah struktur kata beserta ciri-ciri khas lagu kata itu sebagai sifat-sifat abstraksi tersendiri dalam keseluruhan fonologi bahasa itu. Jadi, yang termasuk kedalam fitur-fitur prosodi satu kata adalah:
(1)   Jumlah suku kata
(2)   Hakikat suku katanya: terbuka tau tertutup
(3)   Kualitas suku-suku kata
(4)   Urutan bunyi-bunyi vokal
(5)   Urutan suku-suku kata
(6)   Tempat, hakikat, dan kuantitas bunyi-bunyi penting
(7)   Kualitas “gelap” atau “”terang dari suku-suku kata
(8)   Ciri-ciri hakiki lagu suku kata dan juga potongan kalimat tempat kata itu terdapat

4.    Teori Noam Chomsky
       Menurut Teori Chomsky untuk dapat menyusun tat bahasa dari suatu bahasa yang masih hidup (masih digunakan dan ada penuturnya) haruslah ada teori umum mengenai apa yang membentuk tata bahasa itu. Teori umum itu adalah  satu teori ilmiah yang disusun berdasarkan satu korpus ujaran yang dihasilkan oleh para bahasawan asli bahasa itu. Dengan korpus ujaran itu dapat di tarik kesimpulan-kesimpulan umum atau kaidah-kaidah umum tata bahasa yang dapat digunakan untuk memprediksikan semua ujaran yang daapt dihasilkan oleh seorang penutur asli bahasa itu.




BAB VI
TEORI PEMBELAJARAN DALAM PSIKOLOGI

     Teori-teori pembelajaran yang berkembang pada abad ke-20 ini, yang tampaknya saling bertentangan dan saling melengkapi pada dasarnya dapat dibagi dalam dua kelompok besar.
1.    Teori-teori Stimulus – Respons
       Disebut teori stimulus-respons karena teori ini memiliki dasar pandangan bahwa perilaku itu, termasuk perilaku berbahasa, bermula dengan adanya stimulus (ransangan, aksi) yang segera menimbulkan respons (reaksi, gerak baals).
a.        Teori pembiasaan klasik dari Pavlov
                        Teori pembiasaan klasik ini merupakan teori pertama dalam kelompok teori stimulus-respons. Teori ini ditemukan secara kebetulan oleh Ivan P. Pavlov (1848-1936) seorang ahli fisiologi bangsa Rusia. Sewaktu beliau mengkaji proses pencernaan hewan, dia mendapati bahwa sebelum seekor anjing mulai memakan makanan, air liurnya telah telah lebih dahulu keluar. Setiap anjing yang diamati melihat makanan, air liur anjing selalu keluar. Maka Pavlov ingin melatih anjing itu untuk mengeluarkan air liurnya sekalipun makanan tidak diberikan.

b.        Teori penghubung dari Thorndike
                        Teori penghung diperkenalkan oleh Edward L. Thorndike (1874-1919), seorang ahli psikologi berkebangsaan Amerika. Teori ini dimulai dengan sebuah eksperimen yang disebut trial and error. Dalam eksperimen itu Thorndike menempatkan seekor kucing di dalam sebuah sangkar besar. Sangkar itu dapat dibuka dari dalam dengan menekan sebuah engsel. Dalam usahanya untuk keluar kucing itu mencakar-cakar kesana kemari; lalu secara kebetulan kakinya menginjak engsel sehingga pintu sangkarpun terbuka dan dia bisa keluar. Eksperimen ini diulang oleh Thorndike dan kucing itu berperangai yang sama. Setelah eksperimen itu beberapa kali dilakukan berturut-turut jumlah waktu yang diperlukan oleh kucing untuk membuka pintu sangkar itu semakin sedikit dan akhirnya dia dapat membuka pintu sangkar itu dengan segera tanpa harus mencakar dulu ke sana ke mari.

c.       Teori Behaviorisme dari Watson
                        Di Amerika Serikat Watson dikenal sebagai bapak behaviorisme karena prinsip-prinsip pembelajaran barunya berdasarkan teori stimulus-respons yang juga dalam persaingan dengan teori struktualisme dan mentalisme Wundt. Menurut behaviorisme yang dianut oleh Watson tujuan utama psikologi adalah membuat prediksi dan pengendalian terhadap perilaku; dan dan sedikitpun tidak ada kaitannya dengan kesadaran.

d.      Teori kesegaran dari Guthrie
             Teori kesadaran  atau kedekatan (dalam bahasa Inggris Lazim disebut temporal contiguity atau contigous conditioning) diperkenalkan oleh Guthrie. Menurutnya kesegaran hubungan diantara satu gabungan stimulus-respons akan memperbesar kemungkinan berulangnya pola pasangan stimulus-respons ini. Jadi kesegaran merupakan kunci pembelajaran dalam teori ini, dan bukannya penguatan.

e.       Teori pembiasaan operan dari Skinner
             Teori pembiasaan operan (sering juga disebut pembiasaan instrumental) diperkenalkan oleh B. F. Skinner seorang ahli psikologi Amerika yang dikenal sebagai tokoh utama aliran neobehaviorisme. Teori ini pun dikenal sebagai aliran neobehaviorisme karena sebenarnya teori ini adalah bentuk baru dari behaviorisme.
f.       Teori Pengurangan Dorongan dari Hull
              Teori pengurangan dorongan atau ketegangan yang termasuk kelompok teori S-R, diperkenalkan oleh Clark Hull (1952) yang dibentuk berdasarkan teori Pavlov. Yang dimaksud dengan teori dorongan adalah keadaan tegang sementara yang dialami oleh keperluan-keperluan fisik seperti keadaan lapar atau haus. Teori ini mempunyai empat peringkat pembelajaran; (a) variabel bebas yang dapat berdiri sendiri, (b) peringkat kedua dan ketiga berupa variabel penengah, dan (c) variabel tidak bebas.

g.      Teori Mediasi dari Osgood
             Teori mediasi diperkenalkan oleh Osgood (1953, 1962). Teori mediasi ini telah merintis lahirnya teori-teori kognitif kerena mengakui adanya mediasi atau penengah diantara rangsangan (stimulus) dan gerak balas (respons).

h.      Teori dua faktor dari Mouwer
             Teori ini yang masih termasuk golongan teori S- R diperkenalkan oleh D. Hobart Mouwer (1960). Teori ini disebut teori dua faktor yang disempurnakan karena menurut Mouwer ada dua jenis pengukuhan, padahal teori sebelumnya hanay menganggap ada satu jenis pengukuhan. Kedua jenis pengukuhan itu, menurut Mouwer, adalah:
1.      Pengukuhan bertambah (incremental reinforcement)
2.      Pengukuhan berkurang (decremental reinforcement)

2.    Teori-teori kognitif
Yang dimaksud teori kognitif ialah pengkajaian bagaimana caranya persepsi mempengaruhi perilaku dan bagaimana caranya pengalaman mempengaruhi persepsi. Dengan kata lain, teori kognitif mencoba mangkaji proses-proses akal atau mental yang berlaku pada waktu proses pembelajaran berlangsung.
Ada beberapa teori yang dikembangkan oleh masing-masing ahli sebagai berikut:
1.      Teori behaviorisme dari Tolman
2.      Teori medan gestalt dari Wertheimer
Dalam menjelaskan persepsi ini teori gestalt memperkenalkan lima buah hukum organisasi sebagai berikut:
·         Hukum pragnanz
·         Hukum kesamaan
·         Hukum proksimiti atau kedekatan
·         Hukum penutupan
·         Hukum kelanjutan baik 
3.      Teori medan dari Lewin
4.      Teori perkembangan kognitif dari piaget
Piaget telah mendefinisikan setiap peringkat sebagai satu struktur dari satu keseluruhan; setiap peringkat dapat diintegrasikan oleh peringkat sebelumnya. Menurut Piaget ada empat buah  peringkat penting dalam perkembangan kecerdasan keempat peringkat itu adalah berikut.
·         Tahap deria-motor
·         Tahap praoperasi
·         Tahap operasi kongkret
·         Tahap operasi formal
5.      Teori genetic kognitif dari Chomsky
Untuk lebih memperkuat teorinya atau hipotesisnya Chomsky mengajukan hal-hal berikut.
·         Proses-proses pemerolehan bahasa pada semua kanak-kanak boleh dikatakan sama.
·         Proses pemerolehan bahasa tidak ada kaitannya dengan keserdasan.
·         Proses pemerolehan bahasa juga tidak dipengaruhi oleh motivasi dan emosi kanak-kanak.
·         Tata bahasa yang dihasilkan oleh semua kanak-kanak boleh dikatakan sama.




BAB VII
                       ASPEK NEUROLOGI   BAHASA                      

1.      Struktur, fungsi dan pertumbuhan otak
Otak adalah satu komponen dalam system ssunan saraf manusia. Komponen lainnya adlah sum-sum tulang belakang dan saraf tepi.
Otak seorang bayi kerika baru dilahirkan beratnya hanyalah kira-kira 40% dari berat otak orang dewasa.
Perbedaan otak manusia dengan makhluk lain seperti kera dan simpanse bukan hanay terletak pada beratnya saja, melainkan struktur dan fungsinya. Pada otak manusia ada bagian-bagan sifatnya dapat disebut manusiawi, seperti bagian-bagian yang berkenaan dengan pendengaran, ujaran, dan sebagaunya. Pada otak makhluk lain tidak ada bagiab-bagian yang berkenaan dengan ujaran itu. Sebaliknya, pada otak makhlik lain banyak bagian-bagian  yang berhubungan dengan insting; sedangkan pada otak manusia tiadak banyak. Ini berarti perbuatan makhluk lain lebih banyak dikendalikan oleh insting: dan perbuatan manusia bukan hanya karena insting.

2.      Fungsi kebahasaan otak
Sudah dikemikakan bahwa fungsi kedua hemisfer otak mempunyai peranan yang berbeda bagi fungsi kortikal. Fungsi bicara bahasa dipusatkan pada hemisfer kiri bagi orang yang tidak kidal. Humosfer kiri ini disebut juga hemisfer dominan bagi bahasa, dan korteksnya dinamakan korteks  bahasa. Hemisfer dominan lebih berat lebih besar girusnya dan lebih panjang.
Pada tahun 1848 phineas gage seorang pekerja jalan kereta api di Negara vermount, amerika serikat, akibat ledakan bagian depan kepalanya terkena lemparan balok bantalan rel, dan mencederainya (fromkin dan rodmanm 1974). Saat itu gage yang terkena lemparan balok itu tidak sembuh. Namun sebulan kemudian ternyata dia sembuh dan dapat bekerja kembali dan tidak terdapat kerusakan pada indra penglihatan maupun pengucapannya. Dia tetap dapat berbicara dengan lancer. Berdasarkan kejadian ini dapat disimpulkan bahwa daerah kemampuan berbahasa tidak terletak dibagian depan otak. Hal ini membantah franx josep gall (1758-1828) yang mengatakan bahwa kemampuan memori verbal mempunyai pusat dibagian depan otak (kusumaputro, 1981).
Hasil penelitian tentang kerusakan otak mengarah paad kesimpulan bahwa hemisfer kiri dilibatkan dalam hubungannya dengan fungsi bahasa. Krashen mengemukakan lima alasan yang mendasari kesimpulan itu, kelima alasan itu adalah berikut ini;
1.      Hilangnya kemapuan berbahasa akibat otak lebih sering disebabkan oleh kerusakan jaringan saraf hemisfer kiri daripada hemiser kanan.
2.      Ketika hemisfer kiri dianestesia kemampuan berbahasa menjadi hilang; tetpi hemisfer kanan  dianestesia kemampuan berbahasa tetap ada.
3.      Sewaktu bersaing ketika menerima masukan bahasa secara bersamadalam tes dikotik, ternyata telinga kanan lebih unggul dalam ketepatan dan kecepatan pemahaman daripada telinga kiri.
4.      Ketika materi bahasa  diberikan melalui penglihatan mata kanan dan mata kiri, maka ternyata penglihatan mata kanan lebih cepat dan lebih tepat dalam menangkap materi bahasa itu daripada penglihatanmata kiri.
5.      Pada waktu melakukan kegiatan berbahasa baik secara terbuka maupun tertutup, hemisfer kiri menunjukkan kegiatan elektris lebih hebat daripaad hemisfer kanan. Hal ini diketahui melalui analisis gelombang otak.

3.      Teori lateralisasi
Banyak pakar psikologi yang meragukan teori lateralisasi, bahwa pusat-pusat bahasa dan ucapan berada dalam hemisfer kiri. Mereka berpendapat seluruh otak bertanggung jawab dan terlibat dalam proses pemahaman dan produksi bahasa. Namun demikian dari bukti-bukti eksperimen yang dilakukan terhadap otak yang normal (bukan otak yang seperti yang dilakukan broca dan wernicke), kebenaran teori lateralisasi iitu bisa dipertimbangkan. Berikut dikemukakan eksperimen yang pernah dilakukan untuk menyokong teori lateralisasi itu.
a.       Tes menyimak rangkap
b.      Tes stimulus elektris
c.       Tes garfik kegiatan elektris  
d.      Tes wada
e.       Teknik fisiologi langsung
f.       Teknik belah dua otak


4.      Teori lokalisasi
Teori lokalisasi atau lazim disebut juga disebut pandangan lokalisasi berpendapat bahwa pusat-pusat bahasa dan ucapan beraad didaerah broca dan daerah wernicke seperti sudah disebut-sebut sebelumnya.
Adapun beberapa cara lain untuk menunjukkan teori lokalisasi ini. Antara lain sebagai nerikut:
a.       Teknik stimulus elektrik
Teknik ini dilakukan dengan cara menstimulisasikan bagian-bagian tertentu permukaan korteks dengan aliran listrik, seperti yang telah dilakukan dua ahli bedah saraf.
Mereka menemukan hanya pada tiga bagian saja yang terdapat kelainan-kelainan-kelainan yang merusak bahasa. Ketiga tempat itu adalah berikut ini:
1.      Bagian depan girus tangah sebelah bawah lobus depan kiri, yaitu bagian yang sekarang dikenaldengan daerah broca.
2.      Bagian atau medan temporo parietal posterior, yaitu yang sekarang disebut sebagai daerah wernicke.
3.      Medan motor suplementer   yang terdapat pada permukaan tengah belah korteks sebelah kiri, yaitu yang sekarang disebut dengan korteks motor.
b.      Teknik perbedaan anatomi otak
Dalam berbagai literature mengenai teori lokalisasi muncul satu pertanyaan jika pusat-pusat bahasa hanya berada pada hemisfer kiri, tentu kedua henisfer itu kiri dan kanan tidak semetris, hemisfer kiri tentu lebih besar daripada hemisfer kanan. Benarkah?
Untuk menjawab pertanyaan ini dua orng tokoh telah menganalisis secaar terperinci 100 otak manusia normal setelah mereka meninggal. Keduanya menemukan bahwa planun temporate yaitu daearh dibelakang girus jauh lebih besar daripad hemisfer kiri. Bahkan perbedaan ini dapat langsung dilihat dengan mata.
c.       Cara melihat otak dengan PET (Positron emission tomoghrapy)
Dengan PET kita melihat bagian-bagian otak, terutama bagian-bagian korteks, pada waktu bagian-bagain itu sedang berfungsi. Caranya, setengah jam sebelum kepala pasien dimasukkan ke PET . cairan glukosa beradioaktif diinjeksikan kelengannya. Jika suatu bagian otak bekerja aktif dia memerlukan glukosa yang banyak. Maka dengan pertolongan glukosa ini proses-proses pemikiran yang bekerja dan memersinarerlukan glukosa akan tampak bersinar, berwarna merah dan bergerak-gerak.

5.      Hemisfer yang dominan
Pada dua dasawarsa terakhir teori atau pandangan lokalisasi banyak mendapat kritik seperti dilontarkan Yule (1985), Whitaker (1977), san krasen (1977) sebagai akibat dari perkembangan penelitian lebih lanjut.
Kritik terhadap teori lateralisasi dan lokalisasi sebagai hasil penelitian lebih lanjut berujung pada lahirnya hipotesis adanya hemisferr yang dominan yang mungki pada hemisfer kiri dan mungkin pula pada hemisfer kanan.

6.      Otak wanita
Majalah femina telah menurunkan artikel berjudul “otak kita, keunggulan kita” dan yang dimaksud dengan kita disisni adalah wanita. Telah dibuktikan bahwa otak wanita berfungsi secara berbeda dengan otak pria, dan dalam beberapa hal perbedaan itu membuat wanita lebih unggul. Dimanakah letak keunggulan otak wanita. Diantaranya:
§  Otak wanita lebih seimbang
§  Otak wanita lebih tajam
§  Lebih awet dan selektif

7.      Peningkatan kemampuan otak: membaca dengan kedua belah otak
Menurut diane Alexander lambannya kecepatan membaca dan minimnya daya ingat seseorang terhadap yang dibacanya adalah karena tidak terfokusnya mata pada apa yang dibacanya. Seringkali ketika menghadapi sebuaha halaamn buku, mata lari kederetan kata diseluruh halaman dan bukan pada satu deretan kalimat yang dibaca.

8.      Pemberbahasaan hewan
Mengerti bahasa dan dapat berbahasa merupakan dua hal yang berbeda. Hewan-hewan yang dilatih seperti dalam sirkus, memang mengerti bahasa karena dia dapat melakukan perbuatan yang diperintah kan kepadanya, namun kemengertiannya itu sebenarnya bukanlah karena ia mengerti bahasa melainkan sebagai  hasil dari repon yang dikondisikan.
Meskipun demikian banyak pakar yang telah mencoba mengajarkan bahasa manusia kepada hewan primate (hewan yang secara organis dekat dengan manusia), yakni simpanse. Di antara pakar itu adalah sebagai berikut.
a.       Keith J. hayes dan Catherine Hayes
b.      R. allen gardner dan Beatrice T. gardner
c.       David premack dan Ann premack




BAB VIII
GANGGUAN BERBAHASA

     Manusia yang normal fungsi otaknya tentu dapat berbahasa dengan baik. Namun, mereka yang memiliki kelainan fungsi otak dan alat bicaranya tentu mempunyai kesulitan dalam berbahasa, baik produktif maupun reseptif. Jadi, kemampuan berbahasanya terganggu.
     Secar medis menurut sidharta (1984) gangguan berbahasa itu dapat dibedakan atas beberapa golongan diantaranya:
1.   Gangguan berbicara
Nerbicara merupakan aktivitas motorik yang  mengandung modalitas psikis. Oleh karena itu gangguan berbicara ini dapat dikelompokkan kedalam dua kategori.
(1)   Gangguan mekanisme berbicara
Mekanisme berbicara`adalah suatu proses produksi ucapan (perkataan) oleh kegiatan terpadu dari pita suara, lidah,otot-otot yang membentuk rongga mulut serta kerongkongan dan paru-paru.
(a)          Gangguan akibat factor pulmonal
Gangguan berbicara ini dialami oleh para penderita penyakit paru-paru.
(b)         Gangguan akibat factor laringal
Gangguan pada pita suara dapat menyebabkan suara yang dihasilakn menjadi serak atau hilang sama sekali.


(c)          Gangguan akibat factor lingual
Lidah yang sariawan atau terluka akan terasa pedih kalau digerakkan. Dalam keadaan seperti ini maka ucapan sejumlah fonem menjadi tidak sempurna
(d)         Gangguan akibat factor resonansi
Gangguan akibat resonansi ini menyebabkan suara yang dihasilkan menjadi bersengau. Pada orang sumbing misalnay, suaranya menjadi bersengau karena rongga mulut dan rongga hidung yang digunakan untu berkomunikasi melalui defek dilangit-langit keras, sehingga resonansi yang seharusnya menjadi terganggu.

(2)   Gangguan akibat multifaktorial
Gangguan akibat multifaktorial atau berbagai factor bisa menyebabkan terjadinya berbagai gangguan berbicara. Antar lain adalah berikut ini
(a)          Berbicara serempangan
Berbicara serempangan atau semberono adalh berbicara dengan cepat sekali, dengan artikulasi yang rusak, ditambah dengan menelan sejumlah suku kata, sehingga apa yang diucapkan sukar dipahami.
(b)         Berbicara propulsive
Berbicara propulsive biasanya terdapat pada para penderita penyakit Parkinson (kerusakan pada otak yang menyebabkan otot-otot menjadi gemetar)

(c)          Berbicara mutis (mutisme)
Penderita gangguan mutisme ini tidak berbicara sama sekali. Sebagian dari mereka mungkin masih dapat dianggap membisu, yakni memang sengaja tidak mau berbicara.
(3)   Gangguan psikogenik
Gangguan berbicara psikogenik ini sebenarnya tidak bisa disebut sebagai suatu gangguan berbicara. Gangguan berbicara psikogenik antara lain:
(a)          Berbicara  manja
Disebut berbicara manja karena ada kesan anak (orang) yang melakukannya meminta perhatian untuk dimanjakan.
(b)         Berbicara kemayu
Berbicara kemayu (istilah dari sidharta, 1989) berkaitan dengan perangai kewanitaan yang berlebihan.
(c)          Berbicara gagap
Gagap adalah berbicara yang kacau karena sering tersendat-sendat, mendadak berhenti, lalu mengulang-ulang suku kata pertama, kata-kata berikutnya, dan setelah berhasil mengucapkan kata-kata itu kalimat dapat diselesaikan.
(d)         Berbicara latah
Latah sering disamakan dengan ekolalla, yaitu perbuatan membeo, atau menirukan apa yang dikatakan orang lain; tetapi sebenarnya latah adalah sindrom yang tediri atas curah verbal repetitive yang brsufat jorok dan gangguan lokomotorik yang dapat dipancing.
2.   Gangguan berbahasa
Berbahasa berarti berkomunikasi dengan mengguanakan suatu bahasa. Bagaima kemampuan berbahasa dikuasai manusia, berkaitan erat dan sejalan dengan perkembangan manusia yang bar lahir itu. Kanak-kanak yang lahir dengan alat artikulasi yang normal akan dapat mendengar kata-kata dengan telinganya dengan baik dan juga akan dapat menirukan kata-kata itu. Pada mulanya ucapan tiruan itu Cuma mirip, tetapi lambat lau  akan menjadi tegas dan jelas. Proses memproduksi kata itu berlangsung sejalan dengan proses pengembangan pengenalan dan pengertian.

3.   Gangguan berpikir
Dalam sosiolinguistik ada dikatakan bahwa setiap orang mempunyai kecendrungan untuk menggunakan perkataan-perkataa yang disukainya sehungga corak bahasanya adalah khas bagi dirinya.  Hal ini dalam sosiolinguistik disebut idiolek atau ragam bahasa perseorangan.
Dalam memilih dan menunakan unsure leksikal, sintaksis, dan semantic tertentu seseorang menyiratkan afeksi dan nilai pribadinyapada kata-kata dan kalimat-kalimat yang dibuatnya. Hal ini berarti memproyeksikan kepribadiannya terhadap gaya bahasanya. Oleh karena itu, bisa disimpulkan bahwa ekspresi verbal yang terganggu bersumber dn disebabkan oleh pikiran yang terganggu. Gangguan ekspresi verbal sebagai akibat dari gangguan pikiran dapat berupa hal-hal berikut:
(a)    Pikun (demensia)
Penyebab pikunini antara lain karena terganggunya fungsi otak dalam jumlah besar, termasuk menurunnya jumlah zat-zat kimia dalam otak.
(b)   Sisofrenik
Sisofrenik adalah gangguan berbahasa akibat gangguan berpikir.
(c)    Depresi
Orang yang tertekan jiwanya memproyeksikan penderitaanya pada gaya bahasa dan makna curah verbalnya, itulahyang menyebabkan seseorang tertekan dan akhirnya menimbulkan depresi.

4.   Gangguan lingkungan social
Yang dimaksud dengan akibat factor lingkungan adalah seorang anak manusia, yang aspek biologis bahasanya normal dari lingkungan kehidupan manusia.
Dalam sejarah tercatat sejumlah kasus anak terasing baik yang diasuh oleh hewan (serigala) maupun yang terasingkan oleh keluarganya.
(a)    Kasus kamala
Ketika baru ditemukan kamala diperkirakan berumur 8 tahun, dan adiknya berumur 2 tahun. Kamala masih bisa hidup sampai berumur 9 tahun kemudian sedangkan adiknya tak lama setelah ditemukan meninggal. Karena hidup ditengah serigala, ia sangat mirip dengan serigala. Ia berlari cepat sekali dengan kaki dan tangan; mengaum-aum; lebih sering bergaul dengan serigala, tidak bercakap satu patah katapun; dan tidak terlihat adanya mimik wajah emosi.
(b)   Kasus genie
Ketika ditemukan tahun 1970, genie berada dalam kondisi yang sangat kurang terlibat social, primitive, terganggu secara emosional, dan tak dapat berbicara. Dia dikirik kerumah anak-anak Los Angeles dengan diagnosis awal sebagai anak yang menderita kurang gizi yang parah.
Ketika pertama kali mendapat perawatan genie tidak mampu menggunakan bahasa. Namun, dari evaluasi perawatan bulan-bulan pertama didapat kesimpulan bahwa genie adalah anak yang terbelakang dan perilakunya tidak seperti anak-anak lemah mental. Meskipun dia mengalami gangguan secar emosional tetapi dia tidak mengalami gangguan fisik atau mental yang dapt memperkuat keterbelakangannya. Jadi, keterbelakangannya adalah karena lamanya tekanan psikososial dan fisik yang dialaminya.




BAB IX
PEMEROLEHAN BAHASA:
BEBERAPA HIPOTESIS

1.      Hipotesis Nurani
Hipotesi nurani lahir dari beberapa pengamatan yang dilakukan para pakar terhadap pemerolehan bahasa kanak-kanak (lenneberg, 1967, Chomsky, 1970). Diantara hasil pengamatan itu adalah berikut ini:
a.       Semua kanak-kanak yang normal akan memperoleh bahasa ibunya, asal saja “diperkenalkan” pada bahasa ibunya itu. Maksudnya tidak diasingkan dari kehidupan ibunya (keluarganya).
b.      Pemerolehan bahasa tidak ada hubungannya dengan kecerdasan kanak-kanak. Artinya baik anak-anak yang cerdas maupun yang tidak cerdas akan memperoleh bahasa itu.
Proses pemerolehan bahasa oleh kanak-kanak dimana[un sesuai dengan jadwal yangberat kaitannya dengan proses pematangan jiwa kanak-kanak.
2.      Hipotesis Tabularasa
Tabularasa secara harfiah berarti kertas kosong dalam arti belum ditulis apa-apa. Lalu hipotesis tabularasa ini menyatakan bahwa otak bayi pada waktu dilahirkan sama seperti kertas kosong yang nanti akan ditulis atau diisi dengan pengalaman-pengalaman.
Dalam hal ini menurut hipotesis tabularasa semua pengetahuan dalam bahasa manusia yang tampak dalam perilaku berbahasa  adalah merupaakn hasil dari integrasi peristiwa-peristiwa linguistic yand dialami dan dinikmati oleh manusia itu
.
3.      Hipotesis Kesemestaan Kognitif
Dalam kognitifisme hipotesis kesemestaan kognitif yang diperkenalkan oleh piaget telah digunakan sebagai dasar untuk menjelaskan proses-proses pemerolehan bahasa kanak-kanak.
Menurut teori yang didasarkan pada kesemestaan kognitif diperoleh berdasarkan struktur-struktur kognitif deriamotor. Struktur-stuktur ini diperoleh kanak-kanak melalui interaksi dengan orang-orang sekitarnya.
Dari penjelasan diatas bisa dilihat hipotesis kesemestaan kognitif dalam psikologi sana dengan hipotesis nurani mekanisme dalam linguistic. Perbedaannya terletak hanya pada namanya saja karena dikemukakan oleh dua disiplin ilmu berbeda yang saling mempengaruhi; hipotesis kesemestaan kognitif oleh psikologi sedangakan nurani mekanisme oleh linguistic modern.
Dewasa ini seperti juga dalam linguistic dalam kognitifisme perhatian juga lebihditujukan kepada masalh makna, serta peranannya dalam pemerolehan bahasa.




BAB X
PEMEROLEHAN SINTAKSIS

      Banyak pakar pemerolehan bahasa menganggap bahwa pemerolehan sintaksis dimulai ketika kanak-kanak mulai dapat menggabungkan dua buah kata atau lebih (lebih kurang ketika berusia 2:0 tahun). Karena itu, mereka menganggap tahap holoprasis  tidak berkaitan dengan perkembangan pemerolehan sintaksis.
      Jika kanak-kanak telah mencapai tahap dua atau lebih, icapan-ucapan nya juga menjadi semakin banyak, dan mudah ditafsirkan. Oleh karena itulah penyelidik lebih cendrung untuk memulai pengkajian pemerolehan bahasa itu pada tahap dua kata.
1.      Teori tataba hasa pivot
Kajian mengenai pemerolehan sintaksis oleh kanak-kanak dimulai oleh braine (1963), bellugi (1964), brown dan fraser (1964) dan miller dan erwin (1964). Menurut kajian awal ini ucapan dua kaat kanak-kanak ini terdiri dua jenis kata menurut posisi dan frekuensi munculnya kata-kata itu dalam kalimat. Kedua jenis kata ini dikenal dengan nama kelas pivot dan kelas terbuka.

2.      Teori hubungan tata bahasa nurani
Sejalan dengan teori-teori hubungan bahasa nurani ini (simanjuntak 1987) menyaran kan satu teori pemerolehan sintaksis yang ditentukan oleh system generative transformasi yang telah menjadi pengetahuan kanak-kanak. 

3.      Teori hubungan tata bahasa dan informasi situasi
Sehubungan dengan teori hubungan tatabahasa, blomm (1970) mengatakan bahwa hubungan-hubungan tata bahasa tanpa merujuk pada informasi situasi (konteks) belumlah mencukupi  menganalisis ucapan bahasa kanak-kanak. Maka untuk dapat ucapan kanak-kanak itu informasi situasi ini perlu diperhatikan. Brown (1973)  juga memperkuat pendapat bloom ini.
4.      Tori komulatif kompleks
Teori ini dikemukakan oleh Brown (1973) berdasarkan data yang dikumpulkannya. Menurutnya, urutan pemerolehan sintaksis oleh kanak0kanak ditentukan oleh komulatif kompleks semantic morfem dan komulatif kompleks tata bahasa yang sedang diperoleh itu. Jadi sama sekali tidak ditentukan oleh frekuensi   morfem atau kata-kata didalam ucapa orang dewasa.


5.      Teori pendekatan semantic
Salah satu teori tata bahasa yang didasarkan pada komponen semantic diperkenalkan oleh Fillmore (1968)  yang dikenal dengan nama tata bahasa kasus. Teori ini telah digunakan oleh bowerman (1973) dan brown (1973) sebagai dasar untuk menganalisa data-data perkembanagn bahasa. Dalam teorinya fillmore enunjukkan bahwa transformasi-transformasi tata bahasa tidak diatur oleh rumus-rumus sintksis, melainkan oleh hubungan semantic yang ditandai oleh kategori-kategori kasus itu.
Perbedaan antara pendekatan semantic ini dengan teori hubungan tata bahasa nurani adalah bahwa kalau teori tata bahasa nurani menerapkan hubungan sintaksis dalam menganalisa struktur ucapan kanak-kanak, maka teori pendekatan semantic menemukan struktur ucaapn itu berdasarkan hubungan-hubungan semantic. Jadi, teori hubungan tata bahasa nurani menerapkan struktur sintaksis orang dewasa.




BAB XI
PEMEROLEHAN SEMANTIK

      Salam perkembangan psikolinguistik ada beberapa teori mengenai proses pemerolehan semantic. Diantaranya dibicarakan dibawah ini:
1.      Teori hipotesis fitur semantic
Menurut beberapa ahli psikolinguistik perkembangan, kanak-kanak memperoleh makna suatu kata dengan cara menguasai fitur-fitur  semantic. Data itu satu demi satu sampai semua fitur semantic itu dikuasai  seperti yang dikuasai oleh orang dewasa.
Asumsi-asumsi yang menjadi dasar hipotesis fitur-fitur semantic adalah:
a.       Fitur-fitur makna yang di gunakan kanak-kanak dianggap sama dengan beberapa fitur makna yang digunakan oleh orang dewasa.
b.      Karena pengalaman kanak-kanak mengenai dunia ini dan mengenai bahasa masih sangat terbatas bila dibandingkan dengan pengalaman orang dewasa, maka kanak-kanak hanya akan menggunakan dua atau tiga fitur makna saja sebagai masukan leksikon.

2.      Teori hipotesis hubungan-hubungan gramatikal
Teori hipotesis hubungan-hubungan gramatikal ini diperkenalkan oleh Mc. Neil (1970). Menurutnya, pada waktu dilahirkan kanak-kanak telah dilengkapi dengan hubungan-hubungan gramatikal dalam yang nurani.
Oleh karena itu, kanak-kanak pada awal proses pemerolehan bahasanya telah berusaha membentuk satu “kamus makna kalimat” yaitu setiap butir leksikal dicantumkan dengan semua hubungan gramatikal yang digunakan secara lengkap pada tahap holoprasis.

3.      Teori hipotesis generalisasi
Teori hipotesis generalisasi ini diperkenalkan oleh Anglin (1975-1977). Menurut Anglin  perkembangan semantic kanak-kanak mengukuti satu proses generalisasi yakni kemampuan kanak-kanak melihat hubungan-huubungan semantic antara nama-nama benda mulai dari yang kongkret sampai pada yang abstrak.

4.      Teori hipotesis primitif-primitif universal
Teori ini mula-mula diperkenalkan oleh postal (1966), lalu dikembangkan oleh bierwisch (1970) dengan lebih terperinci.
Bierwisch (1970) manyatakan bahwa primitive-primitif semantic atau komponen-komponen semantic ini mewakili kategori-kategori atau prinsip-prinsip yang sudah ada sejak awal yang digunakan oleh manusia untuk menggolong-golongkan struktur benda-benda atau situasi-situasi yang diamati oleh manusia itu.




BAB XII
PEMEROLEHAN FONOLOGI

      Berikut ini akan dikemukakan beberapa teori mengenai pemerolehan fonologi oleh kanak-kanak sebaagi bagian dari pemerolehan bahasa-ibu seutuhnya.
1.      Teori structural universal
Teori structural universal ini dikemukakan oleh jakobson (1968). Oleh karena iu sering juga disebut teori jakobson. Pada intinya teori ini mencoba menjelaskan pemerolehan fonologi berdasarkan struktur-struktur universal linguistic, yakni hokum-hukum structural yang mengatur setiap perubaha bunyi.
Menurut jakobson, seringnya sesuatu bunyi diucapkan seorang dewasa terhadap kanak-kanak tidak menentukan munculnya bunyi tersebut dalam ucapan kanak-kanak. Yang menetukan urutan munculnya bunyi-bunyi adalah seringnya bunyi-bunyi itu muncul dalam bahasa-bahasa dunia. Jika bunyi-bunyi sering muncul dalam bahasa dunia, maka bunyi-bunyi itu akan lebih dulu muncul dalam ucapan kanak-kanak, meskipun itu jarang muncul dalam data masukan yang didengar oleh kanak-kanak.

2.      Teori generative structural universal
Teori structural universal  yang diperkenalkan oleh jakobson diatas telah diperluas oleh moskowitz (1970,1971) dengan cara menerapkan unsure-unsur fonologi generative yang diperkenalkan oleh Chomsky  dan halle (1968) yang paling  menonjol adalah “penemuan konsep” daan “pembentukan hipotesis” berupa rumus-rumus yang dibentuk oleh kanak-kanak berdasarkan data linguistic utama (DLU). Yaitu kata-kata dan kalimat yang didengarnya seharihari.

3.      Reori proses fonologi alamiah
Teori ini diperkenalkan oleh david stampe (1972, 1973),yakni satu teori yang disusun berdasarkan teori fonologi alamiah yang juga telah diperkenalkan sejak 1965. Menurut stampe proses fonologi alamiah kanak-kanak bersifat nurani yang harus mengalami penindasan, pembatasan, dan pengaturan sesuai dengan penuranian representasi fonemik orang dewasa.

4.      Teori prosodi-akustik
Tori ini diperkenalkan oleh waterson (1976) sesudah dia merasa tidak puas dengan pendekatan fonemik segmental yang dikatakannya tidak memberikan gambaran yang sebenarnya mengenai pemerolehan fonologi.
Pendekatan fonemik segmental menganggap bahwa kanak-kanak memperoleh fonologi berdasarkan fonem, sehingga banyak bahan fonetik yang berkaitan telah dikesampingkan. Karena kelemahan tersebut maka waterson (1971) menggunakan pendekatan non segmental, yaitu pendekatan prosodi yang dianggap lebih berhasil. Pendekatan ini diperkuat dengan analisis akustik sebab analisis prososdi hanya melihat dari analisis artikulasi.


5.      Teori kontras dan proses
Teori ini diperkenalkan oleh ingram (1974, 1979) yakni suatu teoriyang menggabungkan bagian-bagian penting dari teori jakobson dengan bagian-bagian penting dari teori stampe; kemudian menyelaraskan hasil penggabungan dengan teori perkembangan piaget. Menurut ingram, kanak-kanak memperoleh system fonologi orang dewasa dengan cara menciptakan strukturnya sendiri; dan kemudian mengubah struktur ini jika pengetahuannya mengenai system orang dewasa semakin baik. Perkembangan fonologi ini melalui asimilasi dan akomodasi yang terus menerus; mengubah struktur untuk menyelaraskan dengan kenyataan.




BAB XIII
PERKEMBANGAN BAHASA ANAK

1.      Teori perkembanagn bahasa anak
Penelitian yang dilakukan terhadap perkembangan bahasa anak tentunya tidak terlepas dari pandangan, hipotesis atai teori psikologi yang dianut. Dalam hal ini sejarah telah mencata adanya tiga pandangan teori dalam perkembangan bahasa anak:
a.      Pandangan nativisme
Nativisme berpendapat  bahwa selama proses pemerolehan bahasa pertama, kanak-kanak sedikit demi sedikit membuka kemampuan lingualnya yang secara genetis telah diprogramkan. Pandangan ini tidak menganggap lingkungan punya pengaruh dalam pemerolehan bahasa, melainkan menganggap bahwa bahasa merupakan pemberian biologis, sejalan dengan yang disebut hipotesis pemberian alam.

b.      Pandangan behaviorisme
Menurut kaumbehavioris kemampuan berbicara dan memahami bahasa oleh anak diperolah melalui rangsangan dari lingkungannya. Anak dianggap sebagai penerima pasif dari tekanan lingkungannya, tidak memiliki peranan  yang aktif di dalam proses perkembangan perilaku verbalnya. Kaum behavioris tidak hanya mengakui peranan aktif si anak dalam proses pemerolehan bahasa, malah juga tidak mengakui kematangan si anak itu. Proses perkembangan bahasa terutama ditentukan oleh lingkungannya.

c.       Pandangan kognitivisme
Chomsky pernah menyinggung masalah kognitivisme dari piaget ini. Beliau menyatakan bahwa mekanisme umum dari perkembangan kognitif tidak dapt menjelaskan struktur bahasa yang kompleks, abstrak dank has itu. Begtiu juga limgkungan berbahasa tidak dapat menjelaskan struktur yang muncul di dalam bahasa anak. Oleh karena itu menurut Chomsky bahasa struktur haruslah diperoleh secara alamiah. 

2.      Perkembangan motorik
Perkembangan motorik merupakan perkembangan bayi sejak lahir yang paling tamapk, yakni sebuah perkembangan yang betahap dari duduk, merangkak, sampai berjalan.
Motor berarti gerak dua. Dua kemampuan bergerak yang paling banyak diperhatiakn para pakar adalah berjalan  dan penggunaan tangan sebagai alat. Baik berjalan maupun pemahaman penggunaan tangan sebagian besar tergantung pada kedewasaan.

3.      Perkembangan social dan komunikasi
Sesungguhnya semenjak lahir bayi sudah disetel secara biologis untuk berkomunikasi; dia akan tanggap terhadap kejadian yang ditimbulkan oleh orang disekitarnya (terutama ibunya), daya lihat bayi yang paling baik berada pada jarak kira-kira 20 cm (8 inci) yakni jarak yang terjadi pada waktu interaksi rutin terjadi  antara bayi dan ibu, kurang lebih 70% dari waktu menyusui sangibu memandangi bayinya dalam jarak 20 cm itu. Oleh karena itu byi akan membalas tatapan ibunya dengan melihat mata sang ibu yang menarik perhatiannya. Kemudian bayi juga belajar bahwa sewaktu terajadi saling tatap mata berarti ada komunikasi antara dia dan ibunya.

4.      Perkembangan kognitif
Istilah kognisi berkaitan dengan peristiwa mental yang terlibat dalam proses pengenalan tentang dunia, yang sedikit banyak melibatkan pikiran atau berpikir. Oleh karena itu, secara umum kata kognisi bisa dianggap bersinonim dengan kata berpikir atau pikiran.
Dari sekian banyak kajian tentang proses berpikir pada anak-anak dalam usia yang berbeda-beda. Piaget menyatakan adanya beberapa tahap perkembangan kognitif anak. Tahap-tahap itu adalah sebagi berikut:
a.       Tahap sensomotorik
b.      Tahap praoperasional
c.       Tahap operasional konkret
d.      Tahap operasional formal




BAB XIV
PEMBELAJARAN BAHASA

      Istilah pembelajaran bahasa digunakan untuk mengacu pada penguasaan bahasa, baik yang dilakukan secar formal maupun non formal didalam masyarakat sekitar kehidupan si pembelajar. Tampaknya pembelajaran bahasa ini lebih mengacu pada pendidikan formal.
1.      Dua tipe pembelajaran bahasa
        Tipe yang pertama yakni naturalistic bersifat alamiah tanpa guru dan tanpa kesengajaan. Pembelajaran berlangsung di dalam lingkungan kehidupan bermasyarakat.
        Tipe ke dua yakni bersifat formal berlangsung di dalam kelas dengan guru, materi, dan alat-alat belajar bantu yang sudah dipersiapkan. Seharusnya hasil yang diperoleh secaar formal dalam kelas ini jauh lebih baik daripada hasil secara naturalistic.

2.      Sejarah pembelajaran bahasa
Berabad-abad lamanya pembelajaran bahasa berlangsung tanpa perubahan. Perubahan yang berarti dalam arti pandangan dan adanya inovasi baru dimulai tahun 1880.
Pada tahap ini terjadi rekonstruksi bentuk-bentuk metode langsung yang pernah digunakan atau dikembangkan pada zaman yunani dulu.
Pada  tahun 1970-1980 merupakan periode yang paling inovatif dalam pmbelajaran bahasa kedua. Konsep dannhakikat belajar bahasa dirumuskan kembali; kemudian diarahkan kepada pengembangan sebuah model pembelajaran yang efektif dan efesien yang dilandasi oleh teori yang kokoh.

3.      Hipotesis-hipotesis pembelajaran bahasa
Hasil yang telah dicapai oleh para pakar pembelajaran bahasa sampai saat ini belum secara mantap bisa disebut sebagai teori karena belum teruji dengan mantap. Oleh karena itu masih lebih umum disebut sebagai hipotesis. Di antara hipotesis-hipotesis itu yng perlu diketengahkan adalah:
a.      Hipotesis kesamaan antara bahasa pertama dan bahasa kedua
b.      Hipotesis kontrastif
c.       Hipotesis krashen
Hipotesis ini mencakup
ü  Hipotesis pemerolehan dan belajar
ü  Hipotesis urutan alamiah
ü  Hipotesis monitor
ü  hipotesis  masukan
ü  hipotesis afektif
ü  hipotesis pembawaan
ü  hipotesis filter afektif
ü  hipotesis bahasa pertama
ü  hipotesis variasi individual penggunaan monitor
d.      hipotesis  bahasa-antara
e.       hipotesis pijinisasi

4.      Factor-faktor penetu daalm pembelajaran bahasa ke dua
Melihat berbagai hipotesis yang dikemukakan sebelumnya tampaknya pembelajaran bahasa kedua merupakan hal atau proses yang cukup rumit. Berbagai factor, variable dan kendala menetukan berhasil tidaknya pembelajaran bahasa kedua itu, diantara factor itu adalah sebagai berikut:
a.      Factor motivasi
b.      Factor usia
c.       Factor penyajian formal, mencakupi:
ü  Pengaruh terhadap kompetensi
ü  Pengaruh terhadap kualitas performansi
ü  Pengaruh terhadap urutan pemerolehan
ü  Pengaruh terhadap kecepatan pemerolehan
d.      Factor bahasa pertama
e.       Factor lingkungan, meliputi:
ü  Pengaruh lingkungan formal
ü  Pengaruh lingkungan informal




BAB XV
ASPEK MAKNA UJARAN

1.      Hakikat makna ujaran
Berbicara tentang makna, pertama perlu diingat adanya dua budang kajian tentang makna, yaitu semantic dan semiotic. Bedanya kalau semantic khusus mengkaji makna bahasa sebagai alat komunikasi verbal manusia, sedangkan semiotic mengkaji semua makna yang ada dalam kehidupan manusia sebagai makna-makna yang dikandung oleh berbagai tanda dan lambing serta isyarat-isyarat lainnya.

2.      Makna leksikal
Makna leksikal adalah bentuk adjektifa nomina leksikon, yang berasal dari leksem. Dalam kajian morfologi leksem lazim diartikan sebagai bentuk dasar setelah mengalami proses gramatikalisasi akan menjadi kata. Sedangkan dalam kajian semantic leksem lazim diartiakn sebagai satuan bahasa yang memiliki satu makna atau satu pengertian.
Ada sejumlah kasus didalam semantic yang menyangkut makna leksikal itu. Kasus-kasus itu adalah:
a.       Kasus kesinoniman
b.      Kasus keantoniman
c.       Kasus kehomoniman
d.      Kasus kehiponiman

3.      Makna gramatikal
Tampaknya makna-makna gramatikal yang dihasilkan dalam proses gramatikal ini berkaitan erat dengan fitur makna yang dimiliki setiap butir leksikal dasar. Oleh karena itu, kita harus memperhatikan beberapa hal.diantaranya:
a.       Fitur makna
b.      Makna gramatikal afiksasi
c.       Makna gramatikal reduplikasi
d.      Makna gramatikal komposisi
e.       Kasus kepoliseman

4.      Makna kontekstual
Memahami makna leksikal dan makna gramatikal belum cukup untuk memahami makan suatu ujaran, sebab untuk dapat memahami makna suatu ujaran harus juga perlu diketahui konteks dari terjadinya ujaran itu, atau tempat terjadinya ujaran itu. Konteks ujaran ini beruoa konteks intra kalimat, antarkalimat, bidang ujaram, atau juga situasi ujaran
5.      Ujaran taksa
Ujaran taksa adalah ujaran yang maknanya bisa ditafsirkan bermacam-macam.
a.      Kekurangan konteks
Kekurangan konteks merupakan penyebab utama terjadinya ujaran taksa.
b.      Ketidakcermatan struktur gramatikal
Ketidakcermatan struktur gramatikal meliputi dtruktur frase, klausa, kalimat, dan wacana. Ketaksaan disini selain karena ketidakcermaatn konstruksi gramatikal bisa juga terjadi pada konstruksi yang sttruktur gramatikalnya berterima tetapi berbagai kendali semantic telah menimbulkan ketaksaan pada konstruksi itu.

c.       Kekurangan tanda baca
Kekurangan tanda baca dapat menyebabkan ketaksaan hanya pada bahasa ragam tulis karena ragam tulis tidak mempunyai intonasi yang diperlukan dalam bahasa lisa.


2 komentar: